Skripsi….

Akhirnya saya memberanikan diri untuk mengajukan judul skripsi….setelah proses yang sangat panjang dan melelahkan selama hampir 3 tahun ini, lembaran kertas bernama skripsi inilah yang akan menentukan dan mengakhiri semuanya….setelah ditandatangani oleh Ketua jurusan dan penanggung jawab skripsi, saya tinggal menaruhnya di Ruang jurusan untuk kemudian memulai pengerjaannya…(tapi niatnya sih ngerjainnya nanti aja…heheheh)…berikut adalah abstraksinya….

Uni Eropa merupakan salah satu bentuk integrasi yang ’menonjol’ dibandingkan integrasi regional lainnya. Negara-negara yang bernaung di dalamnya seolah-olah tidak keberatan untuk menyerahkan sebagian kedaulatannya pada otoritas supranasional benua biru ini. Dengan konflik yang terbilang minim di antara anggotanya, Uni Eropa telah menjelma menjadi satu kekuatan holistik yang menakjubkan.
Namun mungkin tidak seluruh lapisan masyarakat mengetahui, bahwa sedang terjadi evolusi di dalam tubuh Uni Eropa. Sejak tahun 2001, telah diadakan perundingan untuk ’memodifikasi’ institusi ini. Dan hasilnya pada tahun 2007, negara-negara anggota Uni Eropa menandatangani Perjanjian Lisbon (Lisbon Treaty). Usaha untuk mentransformasikan Uni Eropa dapat terlihat pada tujuan Perjanjian Lisbon ini, yang ingin melakukan amandemen terhadap Perjanjian Maastricht (Treaty on European Union) dan Perjanjan Roma (Treaty establishing the European Community), yang merupakan dua perjanjian dasar pembentuk Uni Eropa.
Evolusi ini bertujuan untuk menciptakan kerangka kerja yang legal, dan instrumen-instrumen yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai tantangan yang akan dihadapi Uni Eropa di masa depan. Selain itu, perjanjian ini juga terealisasi sebagai bentuk respon terhadap permintaan ’warga negara’ Uni Eropa. Hal-hal yang termasuk di dalam perjanjian ini antara lain majority voting’ yang lebih baik dalam Dewan Uni Eropa, pengeliminasian ’sistem pilar’, pembentukan Presiden Dewan Eropa dan Perwakilan Tingkat Tinggi untuk Urusan Luar Negeri, dan masih banyak lagi.
Saat ini Perjanjian Lisbon memang masih mendapat penolakan dari salah satu anggota Uni Eropa. Namun jika perjanjian ini telah diratifikasi, maka pemerintahan dan operasi Uni Eropa akan berubah, dan perubahan itu menunjukkan adanya indikasi ke arah satu bentuk integrasi penuh, yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia ini. Fenomena inilah yang akan dipaparkan dalam penelitian yang berjudul ”Perjanjian Lisbon: Proses Transformasi Uni Eropa Menuju Integrasi Penuh”. Penelitian ini akan membahas mengenai apa-apa saja yang dirubah oleh Perjanjian Lisbon, beserta bentuk integrasi seperti apa yang ingin dicapai oleh Uni Eropa.

Demikianlah…baru beberapa saat yang lalu rasanya saya ngerjain soal SPMB…dan disinalah saya sekarang….menghadapi skripsi yang menjadi akhir dari kehidupan kuliah ini…..

Quote hari ini: “Akhir dari sesuatu adalah awal dari sesuatu yang baru”…………….

Advertisements

5 thoughts on “Skripsi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s