Diaspora China

Tidak diragukan lagi, China telah menjelma menjadi salah satu kekuatan besar dalam sistem global saat ini. Negara dengan populasi lebih dari 1 milyar jiwa ini dapat bersaing dengan kekuatan lain seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara maju lainnya. Jumlah penduduk yang sangat besar tersebut memang menjadi kekurangan tersendiri bagi China, namun tidak dapat dipungki bahwa populasi yang besar itu juga menjadi salah satu kekuatan Macan Asia ini. Tidak hanya di dalam negeri, penduduk China yang berada di luar negeri juga ikut memberikan kontribusinya terhadap kebangkitan China.

Migrasi yang dilakukan oleh bangsa China dapat dikategosikan sebagai salah satu diaspora terbesar di dunia ini. Dengan sejarah yang sangat panjang, diaspora China telah ’menempatkan’ orang-orang China di seluruh penjuru dunia. Jumlahnya pun cukup fantastis, lebih dari 60 juta orang China telah menempati ’pos’ nya masing-masing. Jika disatukan, mereka akan memiliki kekayaan sebesar 1.5 trilyun US$, dan layak untuk menempati posisi ketiga dalam peringkat ekonomi dunia.

Tetapi hal yang paling layak mendapat sorotan adalah kemampuan para imigran ini untuk ’menangkap’ negara yang didatanginya. Dalam hal ini, para orang-orang China pada umumnya akan menguasai dan mengendalikan sektor ekonomi, dan terkdanag juga politik, di host country nya. Contoh nyatanya dapat kita lihat di Indonesia, dimana warga negara etnis Tionghoa telah menduduki posisi-posisi penting di berbagai sektor krusial\, begitu pun di negara-negara lain. Dan hal ini lah yang nantinya akan menjadi ’sumbangan’ tehadap pembangunan hegemoni China secara keseluruhan.

Oleh karena itu timbul pertanyaan, apakah diaspora ini terjadi begitu saja karena alasan-alasan ’umum’, atau diaspora ini merupakan sebuah instrumen bagi China untuk mencapai tujuannya menjadi hegemon di dunia ini? Melalui ’agen-agen’ diaspora yang disebarkan ke seluruh penjuru dunia?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s