Mobile Suit Gundam

Hola hola hola, sesuai janji kemarin, mari kita bahas Gundam hari ini, lebih tepatnya mainan rakitannya ato yang resmi disebut Gundam Plastic Model (Plamo ato Gunpla)…Gundam sendiri adalah sebuah serial anime keluaran taun 79 seinget saya…9 taun sebelum saya lahir…Gundam sendiri adalah nama tipe robot yang menjadi tokoh utama di setiap serialnya. Robot tokoh utama ini disebut Mobile Suit, tingginya rata2 18 meteran, dan umumnya memiliki komposisi warna biru putih merah, dan sedikit kuning.saya cukup fasih berbicara soal gunadam, saya cukup inget nama2 gundam sama pilotnya dari dulu sampe sekarang, dari gundam rx-78,zeta gundam, zz gundam, gundam F 91, turn a gundam, wing gundam, strike gundam, oo gundam, dan masih baaaaanyak lagii..amuro ray, kamille bidan, judau ashta, domon kasshu, Char aznable, Heero yuy, Kira yamato, athrun zala, dan ratusan pilot lain juga saya tau..

karena suka gundam, dan suka merakit, maka Gunpla adalah kombinasi yang pas buat saya.Gunpla sendiri sudah sangat terkenal dan udah jadi bagian budaya di jepang sana, bahkan menjalar ke seluruh dunia. Dengan Bandai sebagai produsen utama, udah banyak banget plamo yang diproduksi. Plamo sendiri kalo yang gundam setau saya, dibagi ke dalam beberapa skala, ada 1/144, 1/100, 1/60, 1;30 juga ada kalo ga salah, tapi bukan rakitan, dan yang paling keren pastinya yang 1:1 yang dipajang di shizuoka sekarang..

selain skala, plamo juga dibagi ke dalam beberapa “kasta”, yaitu First Grade, High grade (HG), Master Grade (MG), dan Perfect Grade (PG)..makin ke atas makin mahal pastinya..HG dijual dalam skala 1/144, MG 1/100, dan PG 1/60. tapi sekarang ada juga HG yang skalanya 1/100

Kekurangan dari Plamo ini adalah barangnya impor langsung dari Jepang, jadi harganya ga bersahabat sama saya, apalagi sekarang saya pengangguran gini….waktu smp saya sempat koleksi seri gundam wing, tapi yang buatan cina, mereknya ‘as seen on tv’. saya beli yang wing gundam zero custom, nataku, sama heavy arms. tiga2nya yang skala 1/144, harganya 50.000 aja, tapi harga berbicara..banyak parts yang ga cocok, ada yang miring2, warnanya beda, dll..akhirnya tiga2nya berakhir di tempat sampah, meskipun udah selesei dirakit dan dicat..

sejak itu saya ga pernah beli gundam lagi, sampe Kakak saya ngebeliin gundam sebulan yang lalu..gara2 dapet bonus dari koantornya, dia bilang, “Kamu aku beliin gundam deh”..

segeralah kami pergi ke vega Fantasy Land, dan setelah bingung milih2 akhirnya saya milih “Gundam Astray Mirage frame” sebagai gundam bandai pertama saya (semoga bukan yang terakhir).dan mulai saat itulah sya mutuisn bakal kembali mengoleksi gundam, dan saya bakal mengkhususkan diri di skala 1/100, karena ga terlalu kecil, dan mahalnya ga gila2an..doakan saya ya!!

Kembali ke Mirage Frame, plamo yang saya beli ini meskipun 1/100, tapi bukan master grade, jadi lebih murah dari MG, tapi udah detail, dan ga harus dicat, karena sebagian besar warna partnya udah sama kaya aslinya..ini dia penampakan box nya:

Ini dia boxnya (kalo keluaran bandai, Boxnya aja keren, sayang kalo dibuang)

dan setelah dibuka, maka parts2 inilah yang akan kita dapet:

Partsnya biasanya dibagi per warna

Gundam Astray Mirage frame ini adalah salah satu gundam yang ada di serial Gundam Seed Destiny, yang bagian Vs Astray, pilotnya si Rondo Gina Sahaku..setelah dirakit, jadi kaya gini deh:

Seperti yang tadi saya bilang, biarpun skalanya 1/100, tapi plamo ini bukan master grade, meskipun begitu, detailnya lebih tinggi dari HG, jadi ada diantara kali ya….jadi bisa dipajang pake pose yang rumit

Salah satu alasan saya milih Plamo ini adalah ada katana di arsenalnya..katana sebagai senjata cukup jarang di dunia gundam, karena kebanyakan pake beam saber kaya di star wars.. Pedang2 yang bentuknya solid kayanya baru marak dipake sejak seri Gundam Seed, tapi bentuknya tetep aja futuristik, dan yang pake katana itu sejauh ini baru Astray red frame, mirage frame ini, sama Musha gundam. Astray red frame waktu itu ga ada di vega, dan musha gundam adanya yang MG, jadi mahal…terpilihlah Mirage frame ini..Dibanding Yang red frame, Mirage frame punya senjata lebih banyak, yaitu B sword yang ada di tangan kiri sama kanan, terus A sword, yang kaya cakar di tumit nya…terus dia bisa berubah juga , kalo gambar2 di atas itu Lagi commander mode, satu lagi adalahh gladiator mode, kaya gini:

Gladiator Mode

itu katananya, namanya Amenohabakiri

 

Saya juga pengen sedikit berbagi tips buat ngecat Gundam. Buat mirage frame ini, saya ga mewarnai, soalnya warnanya udah bagus, jadi cuma di spray paint (piloks ato pilox ya?) clear aja, buat ngelindungin warna, dan lebih mengkilat. Kalo ingin mewarnai gundam, paling bagus emang pake cat buat gundam keluaran tamiya, tapi karena sama2 impor, ya  mahal juga..saya sendiri daripada beli beberpa kaleng cat, mending dibuat beli gundam lagi..ada juga yang milih pake cat acriliyc, bahkan dulu saya coba pake cat besi, tapi hasilnya ga begitu bagus.jadi sekarang saya lebih milih spray paint. kalo di cat pake spray paint, nanti bakanl nimbulin efek glossy (setelah dicwarnai, terus dilapisin lagi sama clear), dan keliatan lebih ‘berat’, ga kaya plastik lagi, tapi kalo emang lebih suka pewarnaan yang dove, mending pake cat acrylyc.

kekurangan dari spray paint adalah persediaan warnanya yang ga begitu banyak, jadi sering ga ada warna yang kita butuhin. Tapi hal ini justru bisa dimanfaatin buat berkreasi, dimana kita ngasih komposisi warna baru yang beda dari versi originalnya. Kekurangan lain adalah karena spray, jadi ga bisa ngewarnain bagian2 kecil pas udah dipasang.sebaiknya pewarnaan dilakuin pas bentuknya masih parts (belum dipotong2, jadi masih nyatu per warna). Kekurangan terakhir, kalo kita rada2 ‘gegabah’ dan ngecatnya ketebelan, nanti lapisan catnya bakal bikin susah pas kita mau nyambungin satu part ke part lainnya..jadi ati2 jangan sampe terlalu tebel.Saran saya, bagian2 yang bakal jadi sambungan ditutup dulu pake isolasi kertas, jadi ga ikut kena semprot. begitulah kira2..

Tadinya sya berniat cuma ngumpulin plamo 1/100 keluaran Bandai..tapi melihat status frelance saya sekarang, dalam waktu dekat, saya rencananya pengen beli plamo keluaran hongli, yang strike noir sama Astray blue frame, buat di modif sekalian ngetes pewarnaan..hehehe..(udah kebayang sih kualitasnya, tapi ga papa deh)

buat semua penggemar Plamo di luar sana, salam kenal…

Quote hari ini: “In the future we will regret more things that we haven’t done, than what we have”

6 thoughts on “Mobile Suit Gundam

  1. ardiwardhana says:

    Kalo yang gampang dicari, di kidz station atau toys R us yang di mall2 pasti ada, cuma pilihannya aga terbatas sih….kalo yang lengkap, bisa dicari di hobby toys, tapi kurang tau kalo yang di daerah jabodetabek dimana..hehehe

    • ardiwardhana says:

      1/71 itu lebih Gede Gan, cuma setau ane , kalo 1/72 itu skala buat Zoid, kalo Gundam yang diatasnya 1/100 itu langsung 1/60.

      1/72 kalo buat Zoid itu lebih gede dari gundam yang 1/100. Harganya lebih mahal Gan, kalo zoid itu sekitar 800an, kalo gundam yang 1/60, biasanya perfect grade, harganya minimal 1.5 jutaan- 2 Juta. Kalo yang no grade, ada yang 400-700an

    • ardiwardhana says:

      Kalo yang bandai, harga pasarannya Redframe Kai itu sekitar 550-560 rb, tapi sekarang udah ada yang mereknya Daban juga, harganya sekitar 230 rb, atau 260 ribu yang dapet bonus pedang versi metal nya. Yang daban juga udah cukup bagus ko,hehe

Leave a Reply

