International politics, International relations, Global Relations

Mulai kemarin, saya kembali baca2 buku2 kuliah saya lho…and it’s unexpectedly fun…yang bikin ironis, waktu saya baca buku baylis, saya nemuin pembatas buku yang saya taro di halaman 4…kalo ga salah saya nero pembatas buku itu sekitar 3 taun lalu, dan posisinya ga berubah sampe kemaren..hahahaha…yup, ternyata saya jarang banget ga pernah baca buku ini selama kuliah, kecuali ada tugas…

well, that’s changed now, i’m gonna start reading as much book as i can from now on…and let me share what I’ve read here…especially if you’re an international relations students, or if you’re interested in international politics.

Hmm..perkuliahan pertama seperti juga perkuliahan saya dulu, akan kita mulai dari sejarah jurusan Hubungan Internasional… Seajarah panjang ini dimulai pada tahun 1919, ketika David Davies mendirikan Department of International Politics di University of Wales, Aberystwyth. Jurusan ini didirikan untuk menganalisis kejadian2 pada Perang Dunia I, mulai dari penyebab, hingga dampak2 yang ditimbulkannya, supaya para akademisi dari jurusan ini dapat menghasikkan jawaban dan solusi yang dapat mencegah terjadinya Perang Dunia lainnya (yang ternyata gagal mereka lakukan..hehehe). Pertama kali jurusan ini dinamai International Politics karena seperti yang sudah saya tulis di atas yang menjadi fokus utama adalah interaksi politik antar negara2 di dunia ini, terutama yang terlibat dalam Perang Dunia I.

Penyesuaian menjadi International Relations terjadi ketika yang menjadi bahan kajian di jurusan ini tidak hanya bidang politik saja, dan mulai mencakup bidang ekonomi, sosial, budaya, dan hukum. Saya masih belum jelas kapan isu2 ini mulai ‘bangkit’ kalo ga salah sih sejak berakhirnya Pernag Dingin..(i’ll catch up to this later)..

Nah, kalo di Buku Baylis ini, mereka berargumen bahwa nama yang lebih te0pat ditujukan untuk Bidang studi ini adalah World Politics, karena aktor-aktor yang memiliki peran signifikan di dunia ini bukan cuma negara. Ada Organisasi internasional, lembaga swadaya masyarakat internasional, Multinational Corporations, Trans Organized crime, dan masih banyak lagi. Karena itu, Baylis dan Smith, menyatakan kata ‘International ‘ tidak tepat lagi untuk digunakan, karena sudah terjadi penambahan jumlah aktor yang berinteraksi, yang menjadi  kajian di jurusan ini.

Yang sedikit menjadi pertanyaan saya, kenapa mereka menyarankan untuk menggunakan kata politik dalam World politics tersebut, padahal di buku itu mereka juga telah menjelaskan bahwa kata relations lebih tepat untuk menggambarkan situasi yang ada. Mengapa mereka tidak menggunakan istilah World Relations?..

Saya sendiri dalam tugas kuliah beberapa tahun lalu, mengenai penamaan jurusan, mengajukan istilah Global RelationsWorld dan Global memiliki pengertian yang hampir sama sebenarnya. Hanya saja, kata World menyiratkan terdapatnya elemen2 yang berbeda di dalam satu dunia, dalam hal ini, negara-negara dan aktor2 lainnya, berbeda satu sama lain, dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing, menempati satu dunia yang sama. Sedangkan dalam kata Global, lebih ditekankan konsep universalitas,dimana batasan-batasan antar aktor2 tersebut semakin bias, dan dunia ini labih dilihat sebagai suatu kesatuan yang utuh, dibandingkan dengan sebuah struktur yang terbentuk dari berbagai bagian berbeda, seperti yang dikemukakan oleh kata World.

So, apakah  di masa depan Jurusan saya ini akan mengalami perubahan nama?…we’ll see….

Quote hari ini: “What’s in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet” -Shakespeare-

Advertisements

One thought on “International politics, International relations, Global Relations

  1. widiagroup says:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s