Glossary

It’s time for another International Relations class!!!Yeaaaaaahhhh

Setelah baca 3 bab dari baylis,kemaren2 saya mulai beralih ke buku lain, yaitu “International Relations: Key Concepts” karangan Martin Griffith dan Terry O’ Callaghan. Meskipun buku ini jauh lebih sering dibaca pas jaman kuliah dulu dibanfingin Baylis, tetep aja saya belum baca bahkan 20% dari kesluruhan buku ini. So apa saja hal2 baru yag saya temuin?

Appeasement. Adalah kebijakan luar negeri yang menuai kontroversi, berkaitan dengan tujuannya. Appeasement secara sederhana dapat diartikan sebagai kebijakan luar negeri yang bersifat ‘menyerah’ atau mengikuti kehendak pihak agresor, untuk mencegah terjadinya perang terbuka. Salah satu contoh appeasement terjadi pada tahun 1919. Pada saat itu, Jerman meminta kendali atas wilayah Sudetenland di Cekoslovakia, karena pemerintah Ceko memperlakukan ras Sudeten Jerman di Ceko secara diskriminatif. Sebagai Great Powers di kawasan eropa, Inggris dan Perancis kemudian memutuskan untuk menyerahkan kawasan tersebut pada Jerman, supaya tidak memancing perang terbuka lagi., pasca Perang Dunia 1. Dalam waktu beberapa bulan pasca perjanjian tersebut, Jerman sudah menguasia seluruh Ceko. Perdebatan mengenai kebijakan ini berpusat pada seberapa efektif appeasement dalam mencegah perang, karena kebanyaka akademisi berpendapat bahwa kebijakan ini hanya akan menambah ‘dahaga’ pihak agresor akan kekuasaan, selain juga menambah power yang dimilikinya.

Beggar Thy Neighbour Policy. Mengacu pada kebijakan luar negeri, dimana suatu negara memformulasikan kebijakan yang akan sedikit merugikan negara lain, demi mencapai kepentingan nasional jangka pendek. Namun kebijakan ini akan menjadi tidak efektif jika negara lain melakukan kebijakan yang sama. Contoh dari beggar thy neighbour dalam kehidupan nyata nyata adalah saat anda menonton pertandingan sepakbola d  stadion, anda akan berdiri untuk melihat suatu kejadian lebih jelas. Tetapi karena anda berdiri, orang di belakang anda akan ikut berdiri, supaya pandangannya tidak terhalang. Hal ini akan menimbulkan efek berantai, sehingga satu baris di belakang ada berdiri selama pertandingan, yang lebih melelahkan dibandingkan jika anda semua tetap duduk. alam hubungan Internasional, contoh beggar thy neighbour adalah politik isolasi. Suatu negara melarang adanya impor kenegaranya, untuk meningkatkan ekspor, dan memperoleh neraca perdagangan aktif. namun jika negara2 lain juga menerapkan kebijakan yang sama,perdaganan internasional justru akan terhambat, karena arus barang terhenti.

Biodiversity. Dalam bahasa indonesia mungkin diartikan sebagai keanekaragaman hayati. saya artikan sebagai warisan atau kekayaanbiologis di dunia ini, yang berkaitan satu sama lain, dan berpengaruh pada kelangsungan hidup palent ini sendiri. Biodiversity dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu :

  1. Habitat Diversity, yaitu keanekaragaman tempat hidup berbagai makhluk hidup. Menjaga kelangsungan satu habitat angatlah penting, karena satu habitat merupakan tempat hidup bagi ratusan bahkan ribuan spesies. Contoh keanekaragaman habitat adalah padang rumput, padang pasir, hutan tropis, padang salju, laut, sungai, danau, hutan bakaku, pantai, dan masih banyak lagi. Semakin berkurangnya habitat karena proses alam maupun buatan, akan mengancam keberlangsungan spesies itu sendiri.
  2. Genetic Diversity, adalah keragaman jenis, dalam satu spesies yang sama, diakibatkan perbedaan populasi. Contohnya adalah Burung gagak. Meskipun berasal dari spesies yang sama, burung gagak yang berpopulasi di Caligornia, akan memiliki perbedaan dengan burung gagak yang berpopulasi di London. hal ini diakibatkan perbedaan habitat, yang berpengaruh dada morfologis dan fisiologis spesies tertentu. Di masa sekarang, keragaman genetis ini udah semakin berkurang, karena semakin banyaknya habitat yang berubah fungsi, sehingga semakin sedkit juga populasi dari suatu spesies. Contohnya komodo yang populasinya cuma di Pulau komodo, udah ga punya keragaman genetis lagi, karena populasinya cuma 1.
  3. Keanekaragaman spesies. kalo ini baru keragaman jenis makhluk hidup, sampai saat ini udah ditemuin ratusan ribu bahkan jutaan spesies, dan masih ada banyak spesies yang belum ditemuin. Tetapi banyak juga spesies yang udah punah, dan hampir punah. Buat yang udah liat film animasi Rio baru2 ini, si Rio adalah contoh minimnya keragaman spsies dan genetis, karena burung Macaw biru cuma bisa ditemuin di brazil, dan Rio adalah jantan terakhir dari spesies nya. Talk about rarity….
Yups, that’s all for today, next issue would be capitalism, since it’s gonna be boring if i put it now. And, from now on, there’ll be no post without  picture. So here you go

Leah Dizon...everybody's sweetheart

Quote hari ini: “Children have to be educated, but they have also to be left to educate themselves.” -Ernest Dimnet-

Advertisements

One thought on “Glossary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s