The Value

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan rasa belasungkawa saya terhadap seluruh korban jatuhnya helikopter di Gilgit, Pakistan, pada tanggal 8 Mei lalu:

1. Major Altamash, Seorang Pilot helikopter

2. Major Faisal, Seorang pilot lainnya

3. Zakir, seorang kru helikopter

4. Leif Larsen, Duta Besar Norwegia

5. Domingo Lucenario Jr, Duta Besar Filipina

6. Datin Habibah Mahmud, istri dari Duta Besar Malaysia

7. Hery Listiawati, istri dari Duta Besar Indonesia

8. Burhan Muhammad, Duta Besar Indonesia (yang meninggal dunia pada Selasa, 19 Mei 2015, dan baru saja mendapatkan penghormatan terakhirnya di Gedung Pancasila)

As you know seluruh hal di dunia ini adalah sesuatu yang menarik dan bahan pemikiran buat saya, termasuk topik yang ingin saya share kali ini, yaitu ‘nilai kematian seseorang’… Pemikiran ini mulai muncul saat kematian beberapa orang terkenal terjadi, seperti Michael Jackson, Paul Walker, dan Robin Williams (may their souls rest in peace). Beberapa waktu setelah mereka meninggal, jutaan orang mengekspresikan kesedihannya, quote2 semasa hidupnya bermunculan, dan testimoni-testimoni mengenai mereka mengalir tanpa henti.

Beberapa hari kemudian, di 9gag, saya melihat post yang membandingkan dua gambar, disisi kiri adalah Paul Walker, dan di sisi kanan adalah gambar bocah Afrika yang tampak sangat kelaparan, dengan caption “If only we value one’s life the same as the other”..then it struck me…benarkah kita telah memberikan ‘nilai’ pada nyawa seseorang? Benarkah nyawa seseorang lebih berharga dibandingkan yang lainnya?

Hal ini mengingatkan saya pada beberapa contoh, seperti yang (again) saya dapat di 9gag, tahukah anda seminggu setelah meninggalnya Steve Jobs, Dennis Ritchie meninggal? Who’s Dennis Ritchie you say?

Kemudian beberapa waktu yang lalu juga terjadi kecelakaan yng menimpa pesawat komersial Air Asia, yang menimbulkan banyak sekali korban (may their soul rest in peace). Kecelakaan ini mengalami media exposure yang sangat besar. Daftar nama korban diumumkan berkali-kali, image dari keluarga yang sedih karena ditinggalkan menghiasi layar televisi, dan diwawancara oleh banyak pihak…Kemudian saya berpikir, hampir setiap hari, terjadi kecelakaan lalu lintas yang juga menimbulkan korban…tetapi mereka hanya diingat sebagai angka di running text televisi…apakah nyawa mereka yang menggunakan bis lebih tidak bernilai dibandingkan mereka yang terbang menggunakan pesawat? Apakah keluarga yang ditinggalkan oleh korban tabrakan mobil tidak lebih sedih dibandingkan mereka yang ditinggalkan oleh korban jatuhnya pesawat? Apakah ucapan “Have a safe flight” menjadi lebih signifikan dibandingkan dengan “hati-hati di jalan?”

I don’t think so…….beraitan dengan kejadian hari ini (19 Mei 2015), sayasedikit berpikir, apakah dua orang pilot dan seorang kru Pakistan yang juga tewas dalam kecelakaan tersebut mendapat perlakuan yang sama seperti Alm. Duta besar Burhan? Karena saya yakin, keluarga mereka pun mengalami kehilangan dan kesedihan yang sama karena meninggalnya orang yang dicintai….

Kembali ke pemikiran sebelumnya, saya berpendapat bahwa we tend to mourn for someone we know….for example, saat Nenek saya meninggal, dan saya beserta keluarga sedang bersedih, mungkin orang2 yang berada 2 blok dari rumah saya sedang menjalankan aktivitas nya seperti biasa, dan orang-orang di belakang komplek rumah saya mungkin sedang berpesta pora merayakan sesuatu. Apakah itu membuat nyawa nenek saya berbeda dengan orang lain? tentu tidak…apakah orang-orang tu salah karena tidak ikut berduka? sama sekali tidak…..so bukan berarti Steve Jobs memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan Dennis Ritchie, bukan berarti keluarga di Afrika tidak lebih berharga dibandingkan Paul Walker, it’s just happened that we know someone much more than the other.

But that statement still hasn’t covered the Air Asia case, since people don’t know abouth them the same way…..for this particular phenomenon, i still blame media for their construction (as i always do), but i feel bad to keep talking about the deceased, so i’ll see you on another chance.

My deepest condolences, to all family who lost their loved ones tonight.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s